Jumat, 13 Januari 2012

7 Poin Kecerdasan Leonardo da Vinci

7 Poin Kecerdasan Leonardo da Vinci - Leonardoda Vinci lebih dikenal karena lukisannya yang terkenal Mona Lisa danLast Supper. Meskipun sebenarnya Leonardo lebih tepat disebut sebagaiinventor, karena berbagai ide, konsep dan penemuan juga dilakukan priaasal Firenze, Italia ini.
Misalnya, beberapa pemikiran Leonardo terdapat dalam buku catatanya sebanyak 7.000 halaman.
Didalambuku itu juga terdapat sketsa tentang studi tubuh manusia. Pada zamanitu, anatomi tubuh manusia tak lebih dari sekedar kira-kira karenasiapapun dilarang keras membedah jenazah. Dengan kenekatannyamencuri-curi kesempatan membedah-bedah tubuh orang mati, di kemudianhari tindakan yang tak lazim di zamannya ini memberikan kontribusi yangsangat besar bagi dunia kedokteran.
Kekagumanpada Leonardo bisa jadi menimbulkan pertanyaan, “bagaimana bisa sepertiitu? Mengapa Leonardo sangat pintar?” Dan, ingin tahu bagaimanacaranya? Mungkin kita harus mengembangkan 7 poin di bawah ini agar bisasehebat Leonardo da Vinci.
Curiosita.
Ataucuriosity (english). Yaitu rasa penasaran, tak pernah puas dan inginbelajar terus tanpa henti. Seperti Leonardo yang terus mencari dalamhidupnya, kita harus mempunyai pikiran yang terbuka (open mind) atassegala hal sehingga bisa memperoleh banyak pengetahuan baru.
Dimostrazione.
 
Dimostrazioneadalah “komitmen untuk menguji pengetahuan melalui pengalaman,ketekunan, dan kesediaan untuk belajar dari kesalahan”.
Sensazione.Hal ini berarti “perbaikan terus-menerus dari indra, terutamapenglihatan, sebagai sarana untuk menambah banyak pengalaman”. Itulahsebabnya salah satu motto Leonardo adalah saper vedere (mengetahuibagaimana melihat) di mana ia membangun karyanya dalam seni dan ilmupengetahuan.
Cryptic.
Biladiterjemahkan berarti “Samar”. Maksud samar di sini adalah “kesediaanuntuk merangkul ambiguitas, paradoks, dan ketidakpastian”.Karakteristik terpenting dari kejeniusan da Vinci adalah kemampuannyauntuk menangani rasa misteri (keingintahuan).
Arte / scienza.
Arte / scienza adalah “pengembangan keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan seni, logika dan imajinasi”.
Berartikita harus mengembangkan cara berpikir dengan “seluruh otak”. Pemetaanpikiran adalah metode yang kuat yang dapat membantu dalam menggabungkanlogika dan imajinasi pada setiap aktivitas/pekerjaan dalam kehidupan.
Corporalità.
Corporalitàadalah “memelihara anugerah, keterampilan tangan, kebugaran, danketenangan”. Leonardo memiliki kemampuan fisik yang luar biasadilengkapi kegeniusannya dalam sains dan seni. Bagi kita, hal tersebutbisa dilatih dengan pelatihan fisik, yoga, atau latihan-latihanspiritual.
Sebagai contoh, Leonardo bisa menulis dengan tangan kanan dan kiri. Selain bakat, tentunya hal ini bisa dilatih bila kita mau.
Connessione.
Secarasingkat dipahami sebagai : “Sistem berpikir.” Salah satu sumber utamadari kreatifitas Leonardo adalah kemampuannya untuk membentuk pola barumelalui kaitan dan kombinasi dari elemen yang berbeda.
Tertarik?Selamat mencoba. Jangan lupa poin pertama: Curiosita atau “pikiran yangterbuka” karena dengan dasar yang kuat inilah kita bisa mendapat banyakpengetahuan baru. Bila kita terlalu gampang menilai sesuatu karena“picik” atau “pikiran subyektif” wah, rasanya harus mulai membenahidiri dulu.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons